Anda Suka membaca Kisah Masa Lampau ??

Translate

Sabtu, 17 Maret 2012

Belapunranga

Bela-belana Karaenga ri Gowa

Air Terjun di Desa Belapunranga Kec. Parangloe
Saat Raja Gowa XI Karaeng Tunibatta meminpin perang melawan pasukan Bone, ketika itu secara tak disangka, tiba-tiba ada pasukan elite Bone menghampiri Baginda Raja, dan secepat kilat ia mengayunkan parang kearah kepala Raja. Parang itu yang sudah terasah tajam itu langsung mengenai kepala Baginda dan terbelah, Raja mati bersimbah darah kala itu. Jenazahnya kemudian dibawah ke Gowa untuk dimakamkan.
Dalam kondisi seperti itulah, Bate Salapanga kemudian mengangkat penggantinya, yakni I Manggorai Daeng Mammeta Karaeng Bonto Langkasa menjadi Raja di Gowa.
Raja Gowa I Manggorai tetap berupaya memperluas wilayah kekuasaannya dengan cara perang dan cara damai. Kala itu, posisi pertahanan kerajaan Gowa mulai melemah, namun tekat bagi Sang Raja untuk memperluas wilayah kekuasaannya sangat kuat.

Suatu ketika, Raja Gowa bertanya pada seorang Boto, namanya Boto Lempangang. “Siapa orang yang bisa diandalkan untuk memperkuat barisan pertahanan Kerajaan Gowa?”. Dari pernyataan Ssang Raja itu, kemudian dijawab oleh Boto Lempangang, bahwa ada orang yang bisa diandalkan untuk memperkuat pertahanan Kerajaan. Orang tersebut berada di wilayah timur Gowa, ia sekarang berada di Butta Bukku (kawasan perbukitan). Bila memasuki Butta Bukku di Borisallo, Raja bisa melihat seorang anak muda yang sedang membuat alat pembajak kerbau dengan menetak parang diatas kakinya. Kalau ada orang seperti itu, itu dia orangnya, namanya Punranga.
Dari jawaban Sang Boto itulah, Raja Gowa I Manggorai mengutus beberapa orang stafnya untuk menemui anak muda itu di Butta Bukku. Sampai disana, dilihatnya ada seorang anak muda sedang membuat alat bajak (pajjeko). Kemudian mereka menyapa anak muda itu, sambil tahu, bahwa ia diutusoleh raja Gowa untuk memanggil anak muda ini ke Istana.
Setelah lama mereka berbincang, akhirnya anak muda itu bersedia ke Istana untuk menghadap Raja Gowa. Sampai di depan Istana, anak muda itupun langsung diperhadapkan pada Raja. Dihadapan Sang Raja, Punranga kemudian menceritakan semua keahlian yang ia miliki, termasuk Ilmu Beladiri yang dimilikinya yang membuat ia berani menghadapi lawan-lawannya.
Anak muda Punranga kemudian mengucapkan Ikrar (Aru) di hadapan Sang Raja :
“Ti…… Karaeng
I Nakke minne Bole-bolena Punranga
Passiki’na Tanatoa
Punna Sombangku Tea
Punranga Tak kulle Sabbi”
Artinya; Ti….Karaeng,Saya ini pemberaninya Punranga, mengangkat harkat dan derajat tanah tua (Borisallo), kalau Sombangku tak berminat, Punranga tak bisa jadi saksi.
Sang Raja kemudian sangat tertarik dengan penampilan anak muda ini, dan ia menawarkan untuk menjadi pasukan Pallapak Barambang (Pimpinan Pasukan) di kerajaan Gowa.
Tawaran itu jelas diterima oleh Punranga, dan saat itu Punranga dipercayakan memimpin pasukan melawan musuh-musuh Gowa.
Pasukan Kerajaan dibawah pimpinan Punranga saat itu mulai bangkit dan sangat ditakuti oleh musuhnya. Gowa dibawah kepemimpinan Karaeng I Manggorai Daeng Mammeta menjadi sebuah Kerajaan yang tangguh. Selain menaklukkan daerah kekuasaan dengan peperangan, juga menggalang persahabatan dengan beberapa wilayah kerajaan lainnya, yang membuat Raja makin disegani oleh lawan dan kawan.
Mulai saat itu, Manuju dan Borisallo masuk menjadi anggota Batesalapanga untuk memperkuat posisi pertahanan Kerajaan Gowa.
Karena Punranga dianggap sangat berjasa dalam membela Kerajaan Gowa dari serangan musuh-musuhnya, sehingga ia mendapat gelar kehormatan, yakni “Belapunranga” yang artinya orang yang membela kehormatan Kerajaan dari serangan musuh.
Karena berjasa memperkuat pertahanan Kerajaan, maka Raja Gowa kemudian mengabadikan namanya pada kampung halamannya, nama Belapunranga, sebagai salah satu daerah perkampungan dalam wilayah kerajaan Borisallo. Hingga setelah proklamasi kemerdekaan, Borisallo menjadi sebuah Desa dalam Wilayah Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. dan kini Kampung Belapunranga menjadi sebuah Desa dalam pemekaran Desa di Kecamatan Parangloe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda